19 November, 2008

Pilih motor TVS RTR 160 atau Pulsar 180

Saat ini saya sedang sedikit kebingungan untuk menyiapkan kendaraan roda 2 buat nyangkul. Maklumlah, saya sudah pake Vespa Corsa sejak tahun 1996 sampe sekarang. Yang kasihan yaitu di Manado sini gak ada satupun teknisi yang tau mekanikal motor ini, lebih celaka lagi cari onderdilnya. Maklum meski jadul teknologi matiknya belum mereka kenal, kasihan ya mekanik di daerah sini. Akhirnya saya bisa ambil kesimpulan bahwa lebih aman pake motor baru yang suporting dan servisnya bagus.

Kalau lihat2 motor jepang sejak saya pake Yamaha RX 100 tahun 1979, trus Honda Astrea Star, sampe anak-anak pake Honda Revo dan Yamaha bebek, rasanya kok gak ada yg bagusan, udah logamnya mbedel (gampang patah & cepat aus) model dan teknologinya cuman begitu2 saja. Apalagi kalau ngamatin Honda, weleh.. weleh... weleh dari tahun ketahun cuman gonta-ganti stiker aja, gak mutu !!!!.

Tertarik sama teknologinya Mio, tapi setelah lihat fisiknya yg imut trus sadelnya pendek, wah.... hilang juga minatku... Habisnya kalo naik motor ini rasanya kayak wong ndondok, bisa-bisa ambeienku kumat.

Akhirnya setelah jalan-jalan ternyata udah ada dealer lengkap sama bengkel dan suku cadangnya motor India merk TVS dan Bajaj.

Bajaj Pulsar ternyata wong Manado minatnya gedhe banget, abisnya stok yg di show room udah ada tempelan nama orang, artinya barang pesanan udah ada pemiliknya semua. Barang yg datang sekarang ternyata udah dipesan sejak puasa dulu. Apalagi Polda Sulut seleranya juga OK, pasukan Busernya pake tongkrongan Pulsar, tambah panjang lagi indent-nya. Waduh susahnya kalo pengin motor canggih. Harga yg 200cc Rp 21jt trus yg 180cc Rp 18,5jt, yg 125 cc Rp 13jt.

Saya tertarik sama Pulsar 180 yang businya dobel, tapi gak yakin juga sich kalo dobel trus ada efeknya ke power, soalnya dulu saya punya motor trail yang busi dobel, tapi waktu kabel satu busi copot, tenaganya juga gak ngedrop, artinya sami mawon. Trus lampu belakang LED berbentuk V, wah gagah tenan.

Waktu test drive, tapi yg saya coba yg Pulsar 200, rasanya gak nyaman, asap bau bensin, artinya pembakaran gak sempurna, trus mesin mati berkali-kali setiap dibebani (kopling dilepas). baru waktu berputar, masya Allah radiusnya lebar banget, ini susah buat manuver. Di Manado meski kotanya kecil dan penduduknya cuman 600.000 orang, crowdeednya luar biasa, angkot liar sekali, makanya kalo pake Pulsar jadi kurang lincah, apalagi kalo mau akselerasi, rasanya masih enak naik Vespa Corsa (matik) jadul saya yang tinggal gas dan rem, trus buat zig-zag lincah sekali.

Kalau TVS yang saya sempat test drive ternyata akselerasinya galak banget, nggilani dech... roda depan sempat ngangkat jingkrak-jingkrak, cuman sayangnya miskin aksesori, tapi.... fiturnya jauh dech dibanding Honda Tiger. Kalo Tiger saya dah gak nglirik lagi, teknologi jadul, mesin brisik, ngeden gak punya power, malah saya sempat amati mereka kejar2an sama bebek Revo di tanjakan Tomohon (mirip kawasan Secang kalo di Jateng) segitu aja kalah tho..... cuman suaranya aja yang memekakkan telinga tapi nggembos.

Nah, kalo TVS RTR 160 Apache ini meski keliatan polos miskin tampilan tapi ternyata banyak fiturnya, mulai Speedo digital, rem cakram depan-belakang, ban origin pabrik TVS, diameter depan lebih kecil, trus ban belakang dah radial. Buat orang yg dah tua kayak saya ini (kepala 4) rasanya lebih enak pake motor ini dech, karena gak terlalu keliatan ngenomi tapi hoby ngebut tetap tersalur.

Masalahnya adalah, saya gak tau persis mana yang lebih tepat dipilih buat dibeli, makanya bantu dong infonya buat pengambilan keputusan.

Tolong ya.... bantu dong........

1 komentar:

Dwilicious mengatakan...

kalau tvs servicenya sampun ok?kalau nda ada masalah after sales nggih lanjut tvs mawon om :)